Breaking News

Intip Rahasia Kedai Kopi Perempuan Menangi Lomba Film Pendek Bulan Bahasa 2019

Ilustrasi: https://cdns.klimg.com/resized/670x/p/sasongko-3.jpg

Pekanbaru – November yang lalu dalam rangka Bulan Bahasa 2019, Fakultas Ilmu Budaya UNILAK kembali menggelar lomba film pendek. Setelah beberapa hari menanti pilihan juri jatuh kepada sebuah film pendek yang berjudul Kedai Kopi Perempuan, diproduksi oleh Pulau Production bekerjasama dengan FLP Wilayah Riau. Film pendek ini diangkat dari cerpen karya sastrawan Riau, Bambang Kariyawan yang sekaligus menangani penulisan skenarionya.  

Lalu siapa sebenarnya sutradara film ini? Namanya sudah tidak asing lagi yakni Fathromi R. Seorang cerpenis dan juga sineas muda yang tahun lalu karyanya menempati juara tiga di even lomba yang sama. Lewat kerjasama Pulau Production dengan FLP Wilayah Riau film pendek ini akhirnya bisa diikutsertakan dalam kompetisi Bulan Bahasa 2019.

Sudah menjadi platform FLP Riau bahwa karya para penulisnya tidak boleh berhenti hanya sampai pada tahap terbit di media saja. Namun, diupakan dienkranisasi menjadi sebuah karya yang lain, seperti film pendek. Apalagi teknologi semakin hari semakin menggila.

Sedikit bocoran, ternyata Pulau Production sendiri sudah mengantongi beberapa judul cerpen yang nantinya akan difilmkan juga. Sementara di FLP Riau sendiri, semangat untuk memanfaatkan kemajuan digital ini ditelurkan sejak Muswil FLP tahun 2018 lalu, dari sebuah diskusi dengan tema Literasi di Era Digital. Dengan adanya kesamaan inilah FLP dengan Pulau Production – rumah produksinya sang sutradara -  ke depannya akan membuat karya-karya yang lebih baik lagi.


Kembali kepada karya terbaik tadi, sebenarnya banyak yang ingin tahu lebih jauh seperti apa sebenarnya proses kreatif pembuatan film pendek tersebut. Mulai dari ide cerpennya, pra produksi, sampai menang lomba. Nah, ternyata Ahad 8 Desember ini penulis skenario yang juga penulis cerpennya bersama sutradara akan berbagi pengalaman bagaimana film pendek KKP ini bisa sukses. Ingin tau lebih jauh tentang itu semua silakan hadir di Rumah Prosa (Sekretariat FLP Wilayah Riau) jalan Jauhari nomor 8 petak 3 Payungsekaki, Pekanbaru.

Selain dua orang yang akan membagi proses kreatifnya, akan hadir juga Resti Eka Adianti (penulis cerpen, yang belum lama ini dipilih menjadi ketua FLP Cabang Pekanbaru periode 2019-2021). Dan yang paling istimewa adalah kegiatan ini akan menghadirkan Eric Junior seorang sineas yang pernah menulis naskah skenario film Mafia Agaknya, Geng? Beliau akan menelaah segala sisi film pendek KKP tersebut sampai ke kulit-kulitnya.

Kalau kamu memang penasaran dengan semuanya, datang aja yuk hari Ahad ini di Rumah Prosa. Dan bagi yang belum menontong filmnya silakan berselancar di sini https://www.youtube.com/watch?v=56_1NaAsYfs&feature=youtu.be. Selamat menonton. [Alam Terkembang]