Senin, 29 November 2010

Tips : Untuk Kunci yang Sering Hilang

Semua orang pasti tahu apa itu kunci. Bentuknya kecil dan unik dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memiliki dari satu kunci. Akan berbahaya bila satu kunci di duplikat ratusan kunci, pasti urusan akan berantakan. Bendanya kecil, tapi manfaatnya luar biasa. Anda akan puisng setengah mati bila anda kehilangan benda itu.

Misalnya saja sebuah kunci hilang pada saat orang akan memasuki gedung pusat bisnis di kota besar di tempat anda. Ribuan orang pasti dibuat panik. Apa yang akan terjadi dengan bisnis hari itu, bila seluruh pemilik modal tidak bisa menjalankan transaksi bisnis. Pasti kerugian yang besar didapatkan. Bahkan ekonomi global akan terpengaruh karena perdagangan internasional menjadi kacau.

Kecenderungan yang sering terjadi, kunci sering kali hilang karena kelalaian pemiliknya. Dan yang sering terjadi karena lupa meletakkan. Apalagi anda sedang mengalami begitu banyak masalah. Perlu anda ikuti tips-tips berikut ini, agar kunci anda tidak hilang-hilang lagi.

1. Berikan Identitas
Bila kunci tanpa memiliki gantungan akan tampak seperti tidak berguna. Dan anda akan sulit membedakan dengan kunci-kunci lain. Identittas sebuah kunci begitu penting untuk membedakan satu kunci dengan kunci lainnya. Berikan nama atau Ganci pada kunci anda. Ganci mempunyai fungsi untuk menarik perhatian anda dan orang lain bahwa ganci sebagai identitas kunci anda. Ganci juga bisa berupa tali yang bisa untuk mengalungkan. Biasanya untuk kunci motor orang sering menggunakan kalungan yang terbuat dari tali khusus untuk menghindari kehilangan.

2. Duplikatkan Kunci
Meskipun tips pertama sudah dicoba, untuk kunci-kunci tertentu anda harus menggandakan kunci tersebut. Bila suatu waktu kunci itu hilang anda bisa menggunakannya bila kunci utama hilang.

3. Hindari dari Jangkauan Anak-anak
Anak-anak kecil sangat suka memainkan kunci. Apalagi kunci tersebut bisa menimbulkan bunyi gemerincing. Tapi anda tidak bisa menjamin kalau ia sudah bermain dengan temannnya. Seringkali anak terlupa melemparkan atau meletakkan dimana. Maka hindari dari anak-anak.

4. Satukan Tempat
Untuk meletakkan kunci sebaiknya anda meletakkan tidak berpindah-pindah. Hal yang menurut anda kecil sering kali terlupakan. Maka perlu meletakkan pada satu tempat khusus yang anda desain sendiri, agar anda tidak kewalahan di saat memerlukan. Tempat yang tidak berpindah-pindah secara tidak langsung anda pasti akan langsung melangkah ke tempat tersebut di saat anda butuh. Bila anda sedang berbelanja atau sedang beraktifitas di luar, maka letakkan kunci pada tempat yang biasa anda letakkana dan aman menurut anda. Misalnya pada kantong depan celana anda, atau dalam tas anda.

5. Klasifikasikan Kunci
Hal ini perlu untuk dilakukan mengingat bila anda pemegang kunci-kunci dari sebuah gedung. Klasifikasikan kunci menurut lokasinya. Atau klasifikasikan menurut funginya atau jenis gedung. Tips ini akan mempermudah kerja anda. Bedakan mainan kuncinya juga bila diperlukan untuk membedakan identitas kumpulan kunci.

Betapa pentingnya sebuah kunci maka anda perlu memperlakukannya dengan istimewa. Sebab sebuah kunci adalah bagian penting dalam kehidupan anda. Jangan sampai bisnis anda gagal karena kunci. Atau jangan sampai anda tidak kuliah karena anda kehilangan kunci motor atau mobil anda. Disiplin dalam meletakkan kunci akan memunjukkan kepribadian anda dihadapan orang lain sebagai orang yang cermat. Selamat menjalani tips sederhana ini.

Ditulis oleh : Muflih Helmi