Senin, 30 November 2009

Alqur'an Berbicara Kiamat

Kontroversi Kiamat 2012
Menurut Pandangan Al-Qur’an dan Hadits
Penulis : Shaven S. Susanto
Penerbit : Lembar Langit Merah (L2M)
Terbit : Cetakan Pertama, 2009
Tebal : 194 Halaman
Kiamat adalah sesuatu yang pasti terjadi, dan diimani oleh umat Islam sebagai rukun Islam yang ke-5. Seberapa pun luas ilmu manusia dan teknologi, tidak akan mampu memprediksikan kapan terjadinya kiamat itu dengan pasti.Meskipun demikian, banyak manusia – terutama para peramal – memprediksikan bahwa kiamat itu akan terjadi pada tahun 2012. Seperti yang diramalkan oleh suku Maya sebagaimana digambarkan dalam salah satu penanggalan kunonya yang menyatakan, jika pada 21 Desember 2012 akan terjadi pergantian abad yang ditandai dengan “pembersihan bumi”.
Ramalan suku Maya memang sangat diperhatikan banyak kalangan, dari akademisi hingga kalangan supranatural, disebabkan bangsa ini memang terkenal dengan keakuratan sistem penanggalannya. Mereka beranggapan pada tahun 2012 akan terjadi penyelarasan galaksi yang menyebabkan tidak adanya keseimbangan alam semesta yang bisa mengganggu bumi, sehingga menimbulkan banyak bencana dan kiamat akan terjadi pada saat tersebut.
Selain ramalan suku Maya, ada juga ramalan-ramalan lain yang diuraikan dalam buku yang berjudul Kontroversi Kiamat 2012 ini. Yaitu ramalan mitologi Yunani dan literatur klasik. Ramalan mitologi dan literatur klasik ini memprediksikan datangnya hari kiamat, hancurnya bumi dan berakhirnya kehidupan. Bahwa kehancuran dunia sudah di prediksi sejak zaman kuno. Begitu banyak ramalan-ramalan yang mengarah kepada kehidupan akhir zaman.
Selain itu Sir Isac Newton, yang merupakan seorang fisikawan, matematikawan, dan ahli astronomi, di uraikan dalam buku ini, secara diam-diam telah melakukan perhitungan matematis terhadap umur dunia dengan sumber-sumber dari berbagai kitab ramalan, sejarah, dan juga Alkitab. Sampai akhirnya Newton mendapatkan hasil yang mengejutkan kala itu. Bahwa akan terjadi hari akhir dunia (kiamat) pada tahun 2060. Dan bukan 2012!
Ramalan lainnya juga diulas dalam buku ini, yaitu ramalan Jucelino Nobrega da Luze yang meramalkan sebagian penduduk akan tewas pada tahun 2043, dan Jaber Bolushi meramalkan akan kedatangan Imam Mahdi pada bulan Oktober 2015. Semua ramalan-ramaln itu berkesimpulan akan datangnya hari kehancuran dunia.
Dari sekian ramalan di atas Al-Quran dan Hadits ternyata punya ulasan tersendiri dan lebih bisa diimani kapan datangnya kiamat itu. Shaven S. Susanto meguraikan tahapan-tahapan kapan kiamat itu terjadi. Mulai dari tanda-tanda kiamat Sughra (kecil), sampai tanda-tanda kiamat Kubra (besar). Salah satu peristiwa besar yang akan terjadi adalah Perang Amargedon. Yaitu perang persekutuan (internasional), dimana kaum Muslimin dan kaum Rum (Eropa dan Amerika) kelak akan bersatu menajdi satu blok. Mengenai orang-orang yang Yahudi, merekalah yang mengobarkan api peperangan ini. Hingga kelak dua pertiga jumlah Yahudi akan musnah dalam peperangan tersebut.
Buku ini mencoba menguraikan secara jelas bagaimana kiamat menurut pandangan dua pusaka Islam, yaitu Al-Qur’an dan Hadits. Dan sekaligus membantah mengenai keterangan, ramalan dan segala macam kontroversi tentang satu waktu yang menyatakan akan terjadi pada tahun 2012, atau tepatnya 21 Desember. Salah satu ayat yang membantah ramalan-ramalan di atas seperti maksud surat An-Najm pada ayat 58, dimana Allah menyatakan secara tegas tidak ada yang menyatakan terjadinya hari itu (kiamat) selain Dia (Allah).
Membaca buku ini mengingatkan kepada kita semua. bahwa sesungguhnya kiamat itu sesuatu hal yang pasti terjadi. Namun seperti hadits Nabi SAW dan apa yang tertera dalam Al-Qur’an, tidak ada yang mengetahui kepastiannya kecuali Allah. Sebagai seorang Muslim yang beriman memikirkan hal besar kapan terjadinya hari kiamat dan ramalan tentang datangnya hari kiamat adalah hal yang sia-sia. Meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT dan memperbanyak amal shalih adalah lebih utama dibandingkan semuanya.
Oleh : Muflih Helmi
(Dimuat di koran Riau Pos Tanggal 29 Nopember 2009)


2 komentar:

Mayyadah mengatakan...

kita memamng tak tahu pasti kapan datangnya, tapi Islam sudah membagi gejala en tanda2 datangnya kiamat itu agar kita makin mawas diri^^

Anonim mengatakan...

[url=http://sunkomutors.net/][img]http://sunkomutors.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]best adobe software, [url=http://sunkomutors.net/]premium software price[/url]
[url=http://sunkomutors.net/][/url] software discount price store checkout software
academic software license [url=http://sunkomutors.net/]discount software sales[/url] discount software house review
[url=http://sunkomutors.net/]academic software without[/url] filemaker pro crashes
[url=http://sunkomutors.net/]canadian software resellers[/url] adobe photoshop cs3 for mac
computer software for sale [url=http://sunkomutors.net/]adobe acrobat 9 review[/b]