Rabu, 21 Oktober 2009

Profil Calon Menteri: Suswono Penggemar Sayur Asem

Menteri Pertanian (Mentan) di Kabinet Indonesia Bersatu II, Suswono, ternyata gemar menyantap sayur asam. "Kakak saya, Suswono, memang salah satu penggemar sayur asem. Bila pulang ke Slawi, minta dibuatkan sayur asem," kata adik kandung Suswono, Siti Arumsih, Selasa (20/10) di Tegal.

Soal makanan, kata Siti yang tinggal di RT 02/RW 04, Desa Kalisapu, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal itu, Suswono bukanlah orang yang pilih-pilih. Ia mengatakan, sebagian besar makanan kesukaannya adalah makanan sederhana.Berdasarkan cerita beberapa teman dekatnya, Suswono memang dikenal memiliki kecerdasan yang lebih baik ketimbang mereka. Suswono pernah aktif di sejumlah organisasi, seperti menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bogor, Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB, Pengurus Pelajar Islam Indonesia (PII) Daerah Tegal, dan Ketua PII Komisariat Slawi.

Asisten pribadi Suswono dan pengelola Kantor Perwakilan Pusat Informasi dan Pengaduan (PIP) Slawi, Aji Kurnia Darmawan, mengaku mengenal Suswono sebagai pribadi yang layak dicontoh masyarakat. "Sosok Suswono merupakan sosok pekerja keras, disiplin, dan memberikan perhatian kepada sesama," katanya.
Ketua DPRD Kabupaten Tegal Rojikin AH mengharapkan agar Suswono melaksanakan berbagai program pemerintah untuk kepentingan seluruh masyarakat dan bukan kepentingan partai.
Dalam fit and proper test kemarin, Presiden SBY sudah memberikan 10 arahan soal pertanian kepada kader PKS ini.

"Semuanya ada 10 hal soal pertanian," ujar Suswono saat ditemui di kantor DPP PKS, Jl TB Simatupang, Jakarta, Selasa (20/10/2009).

Suswono mengaku tidak merasa kesulitan dengan 10 arahan tersebut. Lulusan peternakan IPB ini siap melaksanakan arahan tersebut dalam program kerja mendatang.

"Tapi kan itu semua nanti kalau sudah diumumkan dan dilantik," imbuh anggota Komisi IV DPR ini.

Jika besok Presiden mengumumkan jabatan Menteri Pertanian kepada dirinya, Suswono mengaku siap menyusun program konkret 100 hari ke depan. "Tidak ada masalah bagi saya, apa yang telah dikerjakan Pak Anton (Mentan sebelumnya) sudah baik, kita tinggal melanjutkan sementara yang kurang kita tingkatkan," tandasnya.

Berikut 10 arahan Presiden kepada Suswono tentang masalah pertanian ke depan:

1. Ketahanan Pangan
2. Kemandirian Pangan di tiap daerah
3. Produktivitas Hasil Pertanian
4. Keterpaduan Antar Sektor
5. Kesejahteraan Petani
6. Subsidi Tepat dan Ideal
7. Ekspor Impor yang Adil
8. Peningkatan Produksi Peternakan
9. Peningkatan Kerjasama Negara-negara Sahabat
10. Pemberantasan KKN

Sudah ada bocoran tentang program 100 hari ke depan? "Nanti saja yang jelas semua sudah dipersiapkan," pungkasnya.

sumber :detiknews dan kompas

0 komentar: